GIT


Apa itu Git?
Git adalah salah satu aplikasi VCS (Version Control Sistem ) atau aplikasi yang berfungsi untuk merekam dan mengontrol perubahan file yang terjadi pada project yang sedang kita kembangkan baik secara pribadi atau secara berkelompok. 
Aplikasi VCS lainnya :
- SVN
- Mercurial
- CVS

Perbedaan Gitlab dan Github

Penawaran Public dan Private Project
Fitur public dan private yang disediakan github dapat diakses dan digunakan secara gratis. Tidak seperti Github yang hanya menyediakan layanan public saja yang gratis, sementara layanan private berbayar. Sedangkan BitBucket sifatnya Private.
Snippet support
Gitlab memiliki fitur Snippet Support , yaitu fitur yang memungkinkan pengguna dapat berbagi potongan kecil source code project tanpa berbagi keseluruhan project.

Issue Tracking atau Pelacakan Masalah
Gitlab menawarkan fitur Issue Tracker yang kuat sehingga kita dapat melakukan perubahan dan pengalihan terhadap beberapa masalah dalam waktu yang sama. Github pun menawarkan fitur Github Issue yang berfungsi untuk melakukan pelacakan masalah dalam project.
Progress Status
Dalam Gitlab, Para pengembang dapat memberikan label dalam project yang sedang dikerjakan dengan label "Work in Progress" sehingga memberikan kejelasan atas Project yang sedang dikerjakan. Ini memang sebuah hal yang kecil , namun ini pasti akan sangat membantu para pengembang aplikasi dan web karena Fitur ini mencegah kode yang sedang digarap digabung dengan kode lain sebelum code tersebut benar-benar selesai.

Github Comunnity
Jika Kita ingin mnencari komunitas pengembang aplikasi dan web , kemungkinan besar Github adalah tempat yang lebih baik karena Github menempatkan dirinya dalam komunitas tersebut. Apalagi popularitasnya didorong dengan para anggota komunitas Github yang aktif.
GitHub dan Gitlab bisa menampung sebuah tim yang akan membuat project dengan berjumlahkan banyak orang, sedangkan BitBucket hanya beberapa orang saja. *Limited*

Tutorial Gitlab
Pertama, Login ke gitlab



Kemudian Create new project

Akan ditampilakan intruksi



Membuat Repository







Buka cmd dimana Path htdocs berada.
Contoh nya : C:\xampp7\htdocs

Kemudian ikuti intruksi Git global setup


Kemudian ikuti intruksi berikut
git clone https://gitlab.com/eirene/Contoh.git
cd Contoh
Buat file baru berupa README.txt
git add README.txt
git commit -m Keterangan mengenai file yang ingin di push”
git push -u origin master

Clone Project


Setelah clone akan folder Contoh akan otomatis dalam htdocs

Masuk ke folder Contoh


Menambahkan file baru di folder Contoh





 git add README.txt
git commit -m “Keterangan mengenai file yang ingin di push”
git push -u origin master


File telah di push







end of file


Comments

Popular posts from this blog

Artificial Intelligence (AI)

FXML

Belajar OOP